-->

Cara Menumbuhkan Rambut Yang Botak


rambut botak



Rambut botak adalah masalah medis yang serius selain itu rambut botak juga membuat malu orang yang memilikinya. Dari banyak cara meminimalisir rambut botak, ada cara yang lebih cepat dan sehat untuk menumbuhkan kembali rambut yang botak. Ada banyak bahan rumahan yang bisa digunakan, selain bahan-bahan kimia yang membahayakan. Artikel ini akan memberikan kamu tips medis yang bisa mengembalikan rambut yang botak.

Baca Juga : 5 Langkah Membuat Rambut Cantik Saat Bangun Tidur

Penyebab Rambut Botak

Keturunan adalah faktor yang sering ditemukan pada orang-orang yang rambutnya rontoh. Meskipun stres, pengobatan, salah perawatan, dan banyak hal lain yang bisa membuat rambut rontok. Jika kamu memiliki rambut botak, hal-hal dibawah ini mesti kamu ketahui.

  • Jika kamu pria dan punya rambut yang botak di bagian atas, berarti kamu seperti orang botak kebanyakan. Hal ini disebabkan meningkatnya hormon testosteron yang membuat pertumbuan rambut pada bagian tertentu menjadi lambat. Masalah ini disebabkan keturunan dan sulit disembuhkan.

  • Jika kamu pria, wanita, atau anak-anak yang memiliki rambut botak sedikit, sepertinya kamu punya alopecia areata, yang diderita oleh 30 persen orang-orang berambut botak. Penyebab ini tidak jelas, nampaknya berhubungan dengan respon autoimun dengan faktor keturunan dan stres. Rambut botak kecil atau sedikit ini yang disebabkan oleh alopecia areata biasanya bisa kembali tumbuh kembali setelah satu atau dua tahun.

  • Jika pria yang botak atau mengidap alopecia areata bukan karena rambut rontok, tetapi disebabkan karena: infeksi karena jamur, sering menarik rambut, terlalu ketat mengikat rambut atau hairstyle lain, shock atau stres, perawatan dengan menggunakan radiasi, reaksi obat, lupus atau sarcoidosis. Konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui penyebab yang paling tepat untuk rambut botakmu.



Rawat Rambutmu dengan Benar

Rambut rontok bisa disebabkan oleh perawatan dengan bahan-bahan kimia keras, seperti scrub yang terlalu sering, sampo berbahan kimia keras, atau style yang mengharuskan menarik dan memutar rambut. Meskipun jika penyebab rambut botakmu adalah alopecia areata, memperlakukan rambutmu dengan benar perlahan bisa membantu menguatkan kembali kantung rambut, dan bisa juga membuat rambutmu sehat.

  • Keramaslah secara teratur, 2 minggu sekali atau lebih, dan lakukan dengan benar. Gunakan sampo yang aman dan jangan menggosoknya terlalu kuat. Jangan terlalu kuat ketika mengeringkan dengan menggunakan handuk. Tepuk-tepuk rambut dengan handuk dan biarkan kering.

  • Ketika menyisir rambut jangan terlalu keras juga. Gerakan sisir dengan cepat untuk dan pegang rambutmu ketika disisir dan jangan menghentaknya.

  • JIka kamu punya rambut panjang, jangan terlalu sering mengikatnya.

Lindungi Rambutmu

Karena kantung rambut sangat lembut, jadi jika kamu ingin membuatnya tetap tumbuh kamu harus membuatnya memiliki kemampuan untuk tumbuh.

  • Gunakan topi dan hindari kontak dengan matahari langsung. Kontak dengan matahari langsung tidak baik untuk kulit dan juga rambut.

  • Jangan terlalu sering menggunakan alat panas. Batasilah penggunakan pengering rambut



Konsultasi dengan dokter terkait

Meksipun jika kamu sudah tahu penyebab rambut botak kamu, kamu tetap harus konsultasi ke dokter untuk pemilihan perawatannya. Jika kamu tidak yakin dengan penyebab rambut botakmu, lebih baik periksa sebelum harus mendapatkan perawatan medis yang serius.

  • Kemungkinan kamu punya lupus sedikit, tapi jika rambutmu rontok bisa jadi gejala penyakit ini, jadi lebih baik periksa ke dokter untuk konsultasi kemungkinannya.

  • Jika allasan rambut rontokmu sudah diketahui karena sters. Membicarakannya dengan dokter lebih baik. Mengetahui hal spesifik dari penyakit itu lebih baik.

MENANGANI MASALAH RAMBUT BOTAK

Menyembunyikan atau Menunjukannya

Kebanyakan tipe rambut rontok akan akan kembali pada kondisi yang sudah disebutkan diatas -infeksi, stres, pengobatan, atau menjambak rambut. Cara terbaik untuk menyembunyikan rambut botak adalah dengan merubah gaya rambut atau membuat rambu bervolume.

  • Keramaslah agar rambut menjadi lebih bervolume, hal ini juga akan membersihkan rambut dari kotoran dan minyak. Keramaslah dengan teratur untuk menghilangkan rambut rontok. Rambut berombak atau gaya rambut keriting bisa menyembunyikan rambut botak. Rambut yang berkilau yang menutupi warna kulit rambut bisa menutup rambut botak dengan sempurna.

  • Jika kamu punya bentuk rambut botak pria kebanyakan, mungkin tidak mudah dihentikan. Malahan mungkin kamu ingin memangkas seluruh rambutmu, untuk meminimalisir mana yang harus ditutupi dan mana yang tidak. Pasien yang menggunakan terapi dengan radiasi lebih memilih rambutnya digundul untuk menghindari rambut botak.

Hidup sehat untuk rambut lebih sehat

Dari banyak bahan kimia yang bisa mempercepat tumbuhnya rambut kamu juga bisa mengkonsumsi makanan tertentu untuk nutrisi rambut. Cara terbaik untuk membuat rambut sehat adalah membuat tubuh tetap sehat.

  • Makanan seimbang yang rendah lemak dan gula serta mengandung vitamin dan nutrisi ada dalam buah dan sayuran, protein rendah lemak, dan biji-bijian. Minum cukup juga bisa membuat rambut sehat. Ingat, tubuh yang sehat bisa membuat rambut lebih sehat.

  • Orang-orang meyakini bahwa jika rambut mengandung protein keratin, protein tinggi dari ikan, miju-miju, keju, kacang-kacangan, telur dll, dikombinasikan dengan vitamin B12, zat besi, zinc dan kalsium bisa membuat rambut tumbuh dengan sehat



Sumber : wikihow.com

Follow new update via email:

0 Response to "Cara Menumbuhkan Rambut Yang Botak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel