-->

6 Penyebab Rambut Rusak dan Kering


rambut rusak



Kamu sudah rajin merawat rambut, menggunakan masker dan mengkonsumsi suplemen untuk rambut, tapi masih punya masalah yang sama seperti rambut kering, rambut patah, rambut susah diatur, dan selalu terlihat lepek. Tapi sebenarnya ini bukan kesalahan rambutmu sista. Masalahnya ada di kebiasaan kamu. Ini nih masalah yang mungkin jadi penyebab rambut kamu tetep aja rusak dan kering meskipun sudah dirawat.


Terlalu sering menggunakan alat panas


"Salah satu hal yang paling fatal adalah sering menggunakan alat panas" ungkap Randi Peterson, yang pernah merawat rambut Mariah Carey dan Sarah Hyland. "Kebanyakan mereka menggunakan alat pemanasnya dengan sangat tinggi suhunya. Padahal seharusnya tidak terlalu panas, saat digunakan pada rambut."

Tidak hanya menggunakan pelindung panas, ungkap Gonzales "Banyak wanita memakai dryer langsung pada rambut karena mereka pikir cara itu bisa membuat rambut lurus. Penggunaan dryer dengan sisir berbahan logam yang menghantarkan panas dan menarik rambut, membuat rambut lebih rusak." Gunakanlah sisir yang agak basah dan selalu gunakan heat protectant.

Baca Juga : Bahan Ampuh Atasi Rambut Rontok

Menggunakan dryer yang sama dalam jangka yang sangat lama


"Menggunakan dryer yang sudah lama atau tidak dibersihkan ventilasi udaranya, juga bisa menyebabkan kerusakan rambut. Dengan kata lain, udara tidak akan mengalir dengan baik, tekanan udara yang rendah panasnya sangat dibutuhkan untuk membuat rambut tidak kering dan mudah diatur." Papar Gonzaes. "Bersihkan atau ganti secara berkala dryer tersebut. Stylist kamu akan meyakinkan bahwa alat itu bekerja dengan baik."

Paparan sinar matahari


Seperti juga kulitmu, rambutmu juga mudah terkena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari yang terus menerus membuat rambutmu kering. Menggunakan produk yang mengandung UV protection adalah langkah yang tepat, atau gunakan sunscreen secara rutin. Seperti dikatkan Gonzales. Dan pastikan gunakan setiap saat.

Biarkan rambutmu alami tanpa bantuan alat panas


Biarkan rambutmu istirahan dan memiliki tekstur yang alami, ungkap Gonzales. "Jika ingin membuat rambut keriting, jangan gunakan alat pengeriting yang panas. Cobalah mengelabang rambutmu pada malam hari. Ketika bangun pada pagi hari lepas kelabanganmu itu, maka rambutmu akan keriting. Atau kamu bisa gunakan cara alami lain." Peterson juga menyarankan untuk tidak mengikat rambutmu seharian agar rambut bisa istirahat. "Jika kamu harus memblow rambutmu, lakukanlan pada bagian akar dan biarkan yang lainnya natural."

Menggunakan produk yang membuat rambut kering


Menurut Peterson, hal lain yang tidak dianjurkan adalah menggunakan conditioner yang mengandung alkohol lebih banyak dan bahan kimia yang keras. Asam sulfat yang ada dalam sampo memberikan efek busa, tapi sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. "Asam sulfat berbahan detergent." ungkap Gonzales. "Selalu pilih produk yang bebas sulfat karena jika mengandung bahan-bahan tersebut, rambutmu akan kehilangan kelembabannya."

Peterson memberikan saran untuk perawatan terbaik agar rambut tetap lembab adalah dengan menggunakan minyak kelapa atau jojoba oil. Minyak kelapa dan jojoba oil akan memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan rambut.


Sumber : bustle.com

Follow new update via email:

0 Response to "6 Penyebab Rambut Rusak dan Kering"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel