-->

Rambut Indah Dengan Air Beras

rambut beras
Setiap hari kita mengkonsumsi beras, karena di Indonesia beras adalah makanan pokok. Bahkan, orang Indonesia sering mengatakan mereka belum makan, kalau belum makan nasi. Meskipun sudah makan roti 2 bungkus.

Tidak hanya sebagai makanan pokok, nasi juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Wanita Asia biasa menggunakan air untuk kecantikan wajah, tubuh dan rambut mereka. Petani di Cina, Jepang dan negara Asia Selatan biasa mencuci dan mandi menggunakan air beras atau air tajin.

Baca Juga : Kopi Pewarna Rambut Alami

Perempuan etnik Yao di perkampung Huangluo Cina terbiasa melakukan tradisi ini, dan hasilnya rambut mereka mencapai enam kaki, sehingga masuk Guiness Book of World Record sebagai rambut terpanjang di dunia. Selain itu, sampai usia 80 tahun rambut mereka tidak beruban. Perempuan etnis Yao percaya bahwa air tajin yang mereka gunakan yang membuat rambut mereka panjang, hitam dan bersih. Air beras mencegah rambut panjang mereka dari kekusutan. Rambut panjang etnis Yao sering diikat dengan gaya ‘gazing god’s bun’ atau ‘cloud bun’.




Air Beras untuk rambut dan kulit : Fakta dan manfaat

Air beras sangat bagus untuk rambut dan kulit. Ada yang melakukan penelitian bahwa air beras meningkatkan elastisitas rambut. Air beras memiliki inositol dan karbohidrat yang bisa memperbaiki kerusakan rambut. Inositol pada air beras akan tinggal di rambut dan memberikan perlindungan pada rambut.

Jadi, membasuh rambut dengan air beras dapat melindungi rambut dari kerusakan. Selai itu, asam amino yang terdapat dalam air beras juga berfungsi menguatkan akar rambut, meningkatkan volume rambut, membuat rambut berkilau dan lembut. Manffat itu telah dibuktikan oleh perempuan etnis Yao.

Tidak hanya untuk rambut, air beras juga memiliki manfaat untu kulit. Agar membuat kulit segar dan sejuk, air beras sering digunakan oleh para ayurvedic sebagai bahan efektif untuk mendinginkan kulit yang terbakar.

Air beras mengandung pelembab, antioksidan dan menyembuhkan yang bisa membantu melancarkan peredaran darah, mencegah bintik hitam akibat penuaan,  mengeringkan peradangan, pelembab terbaik dan membuat kulit bersih. Selama air beras menempel di kulit, ia juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang tinggi.
Ferementasi Air Beras

Hasil dari air beras akan lebih bagus jika diferemtasikan terlebih dahulu. Air beras fermentasi yang sudah terfermentasi dan agak sedikit basi mengandung antioksidan, mineral, vitamin B, vitamin E dan pitera. Pitera diakui sebagai  anti aging yang sangat bagus karena memiliki kemampuan meregenerasi sel. Membuat kulit tetap awet muda dan cantik.

Air beras fermentasi bisa digunakan sebagai pembersih wajah, dan toner seperti untuk membasuh rambut. Nutrisi pada fermentasi air beras bisa mengecilkan pori-pori, mengencangkan dan mencerahkan kulit. Air beras sangat bagus untuk membuatmu tampil berseri dan lebih muda.

Mencuci wajah dengan fermentasi air beras lebih bagus hasilnya dari pada yang tidak difermentasi. Fermentasi dapat mengurangi PH cairan menyeimbangkan dengan PH rambut kita. Sehingga PH yang sedikit akan membantu memperbaiki keseimbangan PH rambut, memelihara kantung rambut, membantu pertumbuhan rambut dan memperbaiki keseluruhan kondisi rambut.
Membuat fermentasi air beras dengan cara sederhana

Untuk menikmati kehebatan manfaat dari air beras, caranya sangat gampang. Saat mencuci beras, kamu jangan langsung membuang air beras itu. Siapkan wadah untuk menampung air cucian beras.
Cara membuat air beras, kamu hanya perlu:

1/2 cangkir beras

2 cangkir air

Cara membuat:

  • Untuk membuat air beras, pertama cuci beras untuk menghilangkan kotorannya terlebih dahulu

  • Kemudian, simpan beras di mangkuk berikan air. Rendam beras selama 10-15 menit. Aduk dan remas-remas. Cara ini akan membantu mengeluarkan vitamin dan mineral keluar, sehingga nantinya bisa digunakan sebagai zat makanan untuk rambut dan kulit.

  • Selanjutnya, tuangkan air tadi ke dalam mangkuk yang lebih bersih. Dan air beras siap digunakan.

  • Kamu bisa menggunakannya untuk rambut atau wajah. Atau biarkan ia terfermentasi untuk hasil yang lebih baik

Memfermentasi Air Beras

PErtama simpan air beras di suhu ruangan selama sehari atau sampai ia asam. Air beras bisa asam dalam waktu 24 jam atau 48 jam tergantung seberapa hangat ruangannya. Ruangan yang lebih hangat akan membuat fermentasi lebih cepat.

Kemudian rebus air beras yang sudah difermentasi itu, untuk menghentikan proses fermentasi. Kemudian biarkan dia dingin. Dan homemade air beras fermentasi siap digunakan.

catatan:

Air beras yang sudah difermentasi akan mengental, sehingga harus diencerken dengan segelas atau dua gelas air hangat sebelum digunakan. Tergantung kebutuhan rambutmu, untuk rambut kering gunakan lebih banyak air, sedangkan untuk rambut berminyak gunakan air lebih sedikit.

Cara merebus:

Kamu bisa merebus beras untuk mendapatk ekstrak air berasnya itu. Untuk cara ini, kamu perlu menambahkan air lebih banyak saat memasak nasi. Lalu ambil sebagian airnya. Atau kamu bisa juga menggunakan sari air dari nasi yang sudah dimasak itu. Air ini akan sangat kental, sehingga pastikan untuk mencairkannya terlebih dahulu dengan air biasa sampai agak encer.

Penyimpanan

Kamu bisa menyimpan air beras di dalam pendingin, dan bisa bertahan sampai seminggu. Kocok dulu sebelum digunakan.
Bagaimana Menggunakan Air Beras Untuk Rambut dan Kulit?


  • Gunakan setiap hari sebagai pembersih dan toner pada pagi dan malam hari. Untuk rambut, saya rekomendasikan untuk digunakan sekali atau dua kali seminggu sebagai sampo atau setelah menggunakan sampo.

  • Kamu juga bisa menggunakan air beras ini untuk wajah dan body cleanser. (Campurkan air beras, air lemon, minyak lavender, untuk digunakan sebagai body wash).

  • Air beras juga bagus digunakan sebagai pengganti toner biasa. Ia bisa membantu mengecilkan pori-pori. Untuk Rambut, menggunakan air beras ketika keramas membuat rambutmu berkilau, kuat dan sehat. Air beras juga bisa digunakan sebagai masker.

  • Air beras bisa digunakan sebagai sabun sebagai DIY spa.

  • Untuk mendapatkan kulit lembut seperti bayi, gunakan sedikit tumbukan beras dan gunakan sebagai scrub.

Air Beras Untuk Keramas

Air beras - biasa atau yang sudah difermentasi - adalah kondisioner yang paling bagus. Air beras bisa memperbaiki dan menguatkan batang rambut serta meningkatkan elastisitas dan kelembutan rambut.

Untuk mendapatkan nutisi yang lebih, tambahkan sedikit minyak rosemari, lavender atau minyak chamomile.

Setelah menggunakan sampo, gunakan air beras pada rambut. Pijat perlahan dan biarkan 4-5 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan sekali atau dua kali dalam satu minggu.

Sampo Air Beras : Air beras mengandung saponin alami, jadi bisa digunakan sebagai pembersih yang lembut. Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan sedikit bubuk sikakai atau bubuk kulit jeruk ke dalam air.

Nikmati kulit dan rambut yang cantik, lembab dan bersinar.

Follow new update via email:

0 Response to "Rambut Indah Dengan Air Beras"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel